Tips Cara mengatasi PC hidup, Tapi Monitor Mati dan tidak ada bunyi Beep

PC image (image : didikpurwanto.com) 

Tips Cara mengatasi PC hidup, Tapi Monitor Mati dan tidak ada bunyi Beep-, Ceritanya saya memiliki PC jadul Pentium 4 , lalu saat saya ingin memainkan PC saya ,saya hidupkan PC  saya , saya kira emang karena loading nya lama jadi tampilan di monitor blank hitam terus , saya tunggu saja , karna emang saya mengira  emang PC jadul ya wajar lemot , eh saya tinggal beberapa jam ( itu juga karna kelupaan  nyalain PC ) pas saya balik lagi ternyata PC saya masih hidup tapi dengan keadaan Blank tanpa Visual apapun. Lalu saya matikan saja PC saya , trus saya hidupkan kembali , tapi keadaan PC saya masih tetap Blank hitam, nah dari situ saya mulai nyari-nyari referensi di buku-buku saya ( maklum ga ada koneksi internet, kawasan pedalaman ) . Nah di sini saya menemukan beberapa cara untuk mengatasi error PC hidup, tapi tak ada tampilan di monitor , Ok untuk cara nya kita simak Berikut ini :

1. Cara Pertama 

  • Coba anda lepas kabel monitor yang di pasang pada port VGA yang ada di belakang PC anda ( matikan sumberdaya listrik terlebih dahulu, untuk mencegah sengatan listrik ).
  • Lalu anda Pasang kembali kabel monitor ke port VGA, lalu hidupkan kembali PC anda
  • Jika berhasil ada kemungkinan masalahnya ada pada kabel yang tidak tertancap pas pada port VGA PC anda
  • Mungkin juga masalah terdapat pada VGA onboard dan harus diganti dengan VGA tambahan 
2. Cara Kedua 
  • Bongkar PC anda dalam keadaan mati 
  • Cabut memory RAM , lalu bersihkan lempengan warna kuning dengan penghapus perlahan-lahan, jika sudah pasang kembali RAM pada tempat semula.
  • Hidupkan PC anda, jika berhasil maka kemungkinan masalahnya di akibatkan karena memory RAM yang kotor karena PC jarang di urus , 
  • Bisa juga masalahnya di sebabkan pada slot memory RAM yang rusak dan harus di pindahkan ke slot memory RAM yang satunya lagi, dan yang paling memungkinkan adalah bisa juga karena memory RAM nya telah rusak dan harus di ganti dengan yang baru 
3. Cara Ketiga 
Cara ketiga ini adalah jalan terakhir menurut saya, jika cara-cara di atas belum berhasil dilakukan, maka saya sarankan cara ketiga yang lebih ekstrim, karena pada cara ketiga ini kita akan mereset settingan bios pada motherboard, dan cara ketiga ini yang berhasil menghidupkan PC saya kembali. 

  • Pertama anda Bongkar PC anda 
  • Lalu pada Motherboard anda cari jumper CMOS dengan tulisan , CLR_CMOS  tampak seperti gambar di bawaha ini
Jumper 3 pin (image : www.techarp.com)

Gambar di atas adalah gambar Jumper motherboard dengan 3 pin , untuk meresetnya, 
  • anda pindahkan jumper ke sisi lain dari pin jumper tersebut,
  • lalu biarkan beberapa detik,
  • lalu pindahkan lagi ke tempatnya semula

dan untuk mereset Jumper motherboard 2 pin gunakan cara berikut 
  • pasang alat penghubung jumper , 
  • lalu tunggu beberapa detik, kemudian
  • anda lepas alat penghubung jumper 
  • jika anda kesulitan mencari alat penghubung jumper, anda bisa menggunakan obeng untuk menghubungkan jumper , dengan cara meletakan obeng tepat pada kedua pin jumper tersebut 
jika sudah coba anda nyalakan PC anda kembali. 
Jika gagal coba ulangi terus cara cara supaya mengetahui apa penyebab error PC anda 

Semoga berhasil ! 





Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
7 November 2015 pukul 20.05 delete

Thx banget mas , udah jalan skrg :3

Reply
avatar