~Mengenal apa itu Xampp ~

Assalamualaikum Wr. Wb
~Mengenal apa itu Xampp .-  Hai sahabat blogger kali ini saya akan Share sedikit tentang Xampp,  Ya mungkin kalo buat yang tau mah ini soal sepele tapi kalo bwt yang awam kan belum tentu hehe
Apa itu Xampp ? Xampp itu kepanjangan dari Apache, PHP, MySQL dan phpMyAdmin.
XAMPP merupakan tool yang menyediakan paket perangkat lunak ke dalam satu buah paket. Jadi gausah ribet – ribet lagi install satu satu paket Apache, PHP, MySQL dan juga kita tidak usah ribet-ribet meng konfigurasinya  .kelebihan nya adalah Xampp akan menginstal dan meng konfigurasi kan nya secara otomatis untuk anda atau auto konfigurasi, untuk versi XAMPP yang ada saat ini adalah Versi 1.4.14 atau yang terbarunya anda bisa men download nya di situs resmi nya 
Software Xampp kali ini terdiri atas
• Apache versi 2.0.54
• MySQL versi 4.1.12
• PHP versi 5.0.4
• phpMyAdmin versi 2.6.2-p11 dan lain-lain
Untuk mengenalnya Mari kita simak sedikit ulasan nya Sebagai berikut

1. Mengenal APACHE
Apache sudah berkembang sejak versi pertamanya . Apache bersifat open source, yang artinya setiap orang boleh menggunakannya, mengambil dan bahkan mengubah kode programnya.
Tugas utama apache adalah menghasilkan halaman web yang benar kepada peminta, berdasarkan kode PHP yang dituliskan oleh pembuat halaman web.

2. Mengenal PHP
PHPatau bias kita sebut ( Haypertext Preprocessor ) Bukan pemberi harapan palsu yah hahah :D Php pemograman brow bukan Php anak alay heheh :D Vis ahk kalo ada anak alay hahah. PHP merupakan bahasa pemrograman untuk mebuat web yang bersifat server-side scripting. System kerja dari program ini adalah sebagai Interpreater bukan sebagai Compiler.

 Perbedaan Interpreater dan Compiler yaitu :
• Bahasa Compiler adalah bahasa yang akan mengubah script-script program Sourch code, sementara
• Bahasa interpreater , pada bahasa interpreater Script mentahannya tidak harus di ubah ke dalam bentuk Sourch kode.
Kelebihan nya adalah PHP memungkinkan kita untuk membuat halaman web yang bersifat dinamis dan powrfull.
Seperti pernah disinggung sebelumnya bahwa PHP dapat memanfaatkan database untuk menghasilkan halaman web yang dinamis. Sistem manajemen database yang sering digunakan bersama PHP adalah MySQL. Namun PHP juga mendukung system manajemen Database Oracle, Microsoft Acces, Interbase, d-Base, PostgreSQL dan sebagainya.
Hingga kini PHP sudah berkembang hingga versi ke 5. PHP 5 mendukung penuh Object Oriented Programing(OOP), integrasi XML, mendukung semua ekstensi terbaru MySQL, pengembangan web services dengan SOAP dan REST, serta ratusan peningkatan kemampuan lainnya dibandingkan versi sebelumnya. Sama dengan web server lainnya PHP juga bersifat open source sehingga setiap orang dapat menggunakannya dengan gratis.

3. Mengenal MySQL
MySQL merupakan database yang paling digemari dikalang Programmer Web, dengan alasan bahwa program ini merupakan databash yang sangat kuat dan cukup stabil untuk digunakan sebagai media penyimpanan data. perkembangannya disebut SQL yang merupakan kepanjangan dari (Structured Query Language) . MySQL dibuat dan dikembangkan oleh MySQL AB yang berada di Swedia, MySQL dapat digunakan untuk mengelola database mulai dari yang kecil sampai dengan yang sangat besar. MySQL juga dapat menjalankan perintah-perintah Structured Query Language (SQL) untuk mengelola database-database yang ada di dalamnya. Hingga kini, MySQL sudah berkembang hingga versi 5. MySQL 5 sudah mendukung trigger untuk memudahkan pengelolaan tabel dalam database.

4. Mengenal PHPMyAdmin
PhpMyAdmin merupakan sebuah program bebas yang berbasis web yang di buat menggunakan aplikasi PHP, tujuan di buat program ini adalah untuk mengakses databash MYSQL , intinya adalah digunakan untuk menjadi Administrator dari Server MySql, Dengan phpMyAdmin kita dapat membuat tabel, mengisi data dan lain-lain dengan mudah tanpa harus hafal perintahnya.
OK trimakasih sudah mau menyimak Cukup sekian dulu sedikit ulasan tentang Xampp dari saya, kita bertemu lagi di artikel Selanjutnya 
Wassalmualaikum wr.wb

Anda Bisa mendownloa Software Xampp di Situs brikut ini

https://www.apachefriends.org/download.html

referensi : - Wikipedia
                 - apachefriend.org

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »